Minggu, 16 Mei 2010

.Ayah Baru Untuk Ana.

*original by Ice cream Vanilla..

Apakah masih bisa disebut keluarga jika anggota keluarga sudah tak lengkap ??? tiba – tiba pertanyaan itu muncul dalam pikiran ana. Hal itu mulai membuat ana berfikir alangkah lebih baik nya jika keluarga nya lengkap. Menurut ana yang dikatakan keluarga itu terdiri dari ayah , ibu , dan anak. Namun , bagaimana keadaan nya kalau salah satu diantara nya sudah engga ada ??. ya ,Ayah nya telah tiada 4 tahun yang lalu. Dan selama itu juga ibu nya seorang diri yang mengurusi ana dan kakak-kakak nya . Awal nya dia tak rela, sangat tak rela jika suatu saat posisi ayah nya terganti kan, namun selama 4 tahun ini membuat nya sadar, ada sosok yang seharus nya ‘hadir’ dalam keluarga ini. Membuat ana sadar sudah saat nya dia mengerti bagaimana repot nya ibu mengurusi ketiga anaknya seorang diri.
“ bu , apakah ibu tidak punya niat untuk menikah lagi ? , maaf bu, tapi ana sadar, alangkah lebih baik nya jika keluarga ini lengkap. “ kata ana pelan disuatu siang.
“ ana, kenapa tiba-tiba bertanya seperti itu ??. bukan nya ana dulu yang melarang ibu untuk tidak menikah lagi ??? bahkan om har, om anto dan om amsyar kamu tolak mentah –mentah dan menjadi benteng pertama ibu .” kata ibu sambil tersenyum kecil.
“ ah ibu, tapi itu kan sudah berlalu, sekarang ana sudah besar, dan mulai mengerti, bahwa ibu masih butuh pendamping untuk merawat kami. “ jelas ana.
“ siapa sih yang mau sama ibu ? sudah tua , kurus, jelek lagi “
“ engga kok bu, siapa bilang ibu jelek ?? ibu adalah ibu yang paling cantik yang pernah ana temui , dan ibu belum tua kok !! awet muda gini kok dibilang tua ! hehehe “ rayu ana sambil memeluk ibu nya.
“ wah tumben ana ngomong seperti itu ? biasa nya selalu ngambek kalau ada yang bilang ibu lebih cocok jadi temen nya ana kebanding ibu nya ana. Hihi..” jawab ibu geli.
“ ibbbuuuuuuu, tapi kan tetap cantikan ana , ???” raut ana cemberut ketika ibu mulai menggoda nya. Ibu dan ana bergurau disiang itu. Terlihat betapa sayang nya antara mereka kedua nya.

***

“ kak, kapan ya ibu menikah lagi ? “ Tanya ana pada kakak nya, nia .
“ hus.. kamu kira menikah segampang beli kacang goreng apa ???”
“ bukan.. maksud ana apa masih ada kemungkinan buat ibu menikah lagi ??”
“huuuu… dulu aja dilarang-larang, sekarang kenapa di Tanya – Tanya ??” sambung kakak tertua. Rina. Ana memang anak termuda dikeluarga itu, tapi bukan berarti ana adalah sosok anak yang manja. Ia mandiri, bahkan lebih mandiri dari kakak – kakak nya.
“ ihh… kak rina nyambung-nyambung aja, aku Cuma pengen tau kak ! kira –kira ibu kapan ya menikah lagi ???”
“ ana , kalau jodoh itu engga kemana deh. Kalau tuhan udah garisin ibu bakal ketemu jodoh nya lagi, ya pasti ketemu “ nasehat nia pada adik nya.
“ om har, om anto, sama om amsyar sudah pada menikah belum ya ???”
“ yeeeeeee….. telat kalau masih nanyain mereka. Siapa suruh dulu ngelarang-ngelarang ibu menikah lagi .” ledek kakak nya sehingga membuat ana semakin terpojok dipagi itu.
“ uugghhhhh…. Jahat deh, dulu kan belum siap buat punya ayah baru kak..”
“ memang nya sekarang sudah siap ?? “ Tanya ibu seketika yang baru saja datang dari dapur menyiapkan susu hangat kesukaan anak-anak nya, sehingga membuat ana yang sedang sarapan terkejut bukan kepalang.
“ ummpp.. iya “ angguk ana mantap sambil tersipu malu. Ibu dan kakak-kakak nya tertawa terbahak. Melihat tingkah ana yang sangat aneh belakangan ini. Ana segera melahap susu hangat yang telah disiapkan ibu dan segera mengalihkan pembicaraan agar ia tak semakin terpojok kan.
“ ibu… ana berangkat sekolah dulu… assalammualaikum “ ana berlari setelah mencium tangan ibu nya. dalam hati kecil nya ia berdoa “ tuhan , jika engkau telah menyediakan seseorang lagi untuk menemani ibu , maka berikan yang terbaik buat ibu ku“. Entah apa yang ada dipikiran nya saat ini. Hanya sebuah perasaan tak sabar ingin segera menyambut kehadiran ayah baru dalam keluarga nya.

***

“ ana, tugas kamu udah selese belum ??” Tanya tio . cowok bertubuh tegap sekaligus tampan ini , membuat ana memandangi makhluk tuhan ini tanpa kedipan sedikit pun. “ anaaaa…… “ sapa nya lagi sambil melambai kearah nya.
“ kenapa ?? kok ngeliatin aku gitu ? “
“uuppssss…. “ kata ana dalam hati . “ eh enggak , kamu nanya apa barusan ? “ sambung ana lagi .
“ tugas ! tugas kamu udah selese belum ? “
“ oh,, udah.. udah… kenapa ? “
“ ajarin aku ??? “ bujuk tio sambil memelas.
“ oh tuhan jangan biarkan dia terus menatap ku seperti ini ” kata ana lagi dalam hati. “ iya, yang mana yang mau diajarin ?? “ lanjut ana lagi untuk menepiskan kekaguman nya pada tio. Selain manis, ana adalah sosok cewek terpintar disekolah nya. bagaimana tidak , hampir setiap semester ia meraih juara pertama dikelas nya, apalagi ana adalah sosok cewek ramah , sopan,dan periang , dan hal itu lah yang membuat tio semakin kagum pada nya . Sebenar nya hanya sebuah alasan untuk ‘minta diajarkan’ kalau tidak begitu, tio juga akan menjadi sangat gugub untuk mendekati ana.
“ habis pulang sekolah ini mau kemana ??” Tanya tio setelah mendapat pemahaman tentang materi yang di Tanya nya barusan.
“ pulang !! “ jawab ana singkat.
“ aku anterin boleh engga ? “ . ana terdiam mendengar nya. semakin membuat degub jantung nya tak terkendali.
“ engga usah deh.. makasih..”
“ kenapa emang nya ? oiya, kamu selalu pulang sama lusi ya ? sekali- kali aku anterin kan engga apa-apa , ya ???? “ Tanya tio lagi.
“ aku engga enak ma lusi “ jawab ana pelan berusah mencari alasan .
“ LUSIIII…. HARI INI ANA PULANG BARENG AKU YAAAAA ??? BOLEH KAN ????? DIA BILANG DIA ENGGA ENAK AMA KAMU !!!!“ Tanya tio serambi berteriak membuat seisi kelas sengaja mendengar nya. Seisi kelas tertawa sambil meledek kedua nya. tio tertawa sambil memerhatikan wajah ana yang memerah .
“ IIIIYYAAAAA.. BOLEH KOK.. ! AKU SIH NGERTI AJA AMA PASANGAN YANG LAGI DIMABUK CINTAAAA !!” balas lusi berteriak, membuat seisi kelas semakin ramai dan gaduh . tio semakin tertawa, sementara ana terus menundukkan wajah nya yang semakin merah padam.
Hari itu tio berhasil mengantar ana pulang, walau harus menahan malu pada ledekan teman-teman sekelas nya. Tepat didepan pintu rumah ana , tio memberhentikan motor nya.
“ makasih uda nganterin aku pulang…., mampir yuk ? aku buatin minuman dingin dulu ” Kata ana setelah turun dari motor .
“ eh engga usah ,aku langsung pulang aja, engga enak sama orang rumah kamu ! “ sambil mengkode bahwa ada seseorang yang sedang berdiri di pintu. Ana menoleh kebelakang, ternyata kak nia tengah memperhatikan mereka dari beberapa menit yang lalu. Ana tersenyum .
“ oohh , ya udah “
“ ana..” kata tio lagi sebelum ana keburu membalikkan badan kearah pintu rumah.
“ ya ?? “
“ aku minta maaf ya buat yang tadi …” . ana hanya tersenyum mendengar nya.
“ ciiiieeeeeeee…………….siapa tuh ?? pacar ana ya ?? “ ledek kakak nya setelah memastikan tio sudah cukup jauh menjalankan motor nya.
“ bbuuukkkaaaannn !!! Cuma temen ! ‘
“ kok nganterin pulang ?? “ selidik kakak nya lagi.
“ yeee, emang nya kalau temen engga boleh nganterin pulang ??? “
“ ibbbuuuuu… ana diantar pacar nya pulang barusan “ teriak kakak nya serambi berlari kedalam rumah .
“ kakakkkk !!!!! “teriak ana membalas. Terjadi kegaduhan di rumah ana sehingga membuat ibu tertawa melihat pipi ana yang semakin merah padam menahan ledekan kakak nya.

***

“ ana , sudah tahu kabar terbaru belum ?? “ Tanya kakak nya disuatu malam.
“ berita apa kak ?? belum ! “
“ kemarin tiba-tiba om amsyar nelfon mama lho “
“ ooyyyaaaa ????? yang bener kak ??? terus gimana ???? apa om amsyar ngelamar ibu lagi ??? terus ibu jawab apa ? ibu mau ??? “ celoteh ana panjang lebar.
“ duh ana semangat nya kaya semangat pejuang 45 aja ,hehe“ canda kakaknya.
“ terus gimana kak ??? “ rengek ana.
“ ya kakak sih belum tau pasti . tapi denger-denger cerita dari ibu katanya om amsyar belum masih duda alias belum menikah lagi .”
“ waaaaa…. Ana senang banget denger nya kak . tapi apa om amsyar masih mau sama ibu ?? kan waktu itu udah ditolak ?? “
“ kamu sihh.. gara – gara kamu tuh dulu pake ngelarang-ngelarang ibu.. kakak sih engga tau pasti. Tapi berdoa aja ya. Soal nya om amsyar itu baik banget lho, Ramah , engga sombong walaupun kaya dan dia itu punya satu anak cowok lho seumuran kamu “.
“ oh ya ? ana kok engga pernah tahu ya ? “
“ yeee… gimana kamu bisa tahu, mau tahu aja dulu engga pernah , haha” . ana hanya bisa tersenyum geli. Karna ia memahami bagaimana sikap nya dulu begitu mengetahui ada yang mencoba mendekati ibu nya, bagai kan pagar pembatas pertama untuk menghalangi pria-pria yang mencoba mendekati ibu nya. namun ana sekarang sudah berbeda. Ia sudah lebih mengerti bahwa ibu juga butuh pendamping untuk menemani hidup nya.
“ terus, apa yang bisa ana lakuin kak ? “
“ engga usah lakuin apa-apa kok. Biarin aja semua berjalan dengan sendiri nya. sipp?” . lalu ana mengangguk mantap.
Beberapa bulan setelah itu terlihat perubahan drastis pada ibu dan om amsyar, seperti nya sudah saling meyakinkan hati dan sudah ada angin untuk mengarah kearah yang lebih serius lagi. Begitu juga yang terjadi pada ana dan tio. Mereka sudah semakin dekat, semakin terlihat betapa tio menyayangi ana . namun masih belum ada keberanian untuk mengungkapkan bagaimana perasaan sesungguh nya.
“ ibu, sudah siap ? “ Tanya ana ketika baru memasuki kamar ibu yang terbuka di suatu malam. Malam itu om amsyar mengajak ibu dan yang lain untuk makan diluar. “Perkenalan antar kelurga” begitu om amsyar menyebut nya. seperti nya om amsyar sudah semakin yakin untuk lebih serius lagi pada ibu.
“ waaa… ibu cantik sekali ? “ puji ana seraya mendekati ibu . ibu hanya tersenyum kecil.
“ om amsyar jemput jam berapa bu ? “ Tanya ana lagi.
“ sebentar lagi juga sampai disini. Coba kakak-kakak mu di Tanya , apa mereka sudah siap ? sepertinya kalau ibu perhatikan , kamu yang paling bersemangat malam ini “
“ hehehe , baik bu. “ . “bu, ana selalu berdoa semoga om amsyar bisa jadi yang terbaik buat ibu . tapi ibu jangan pernah lupain ayah ya ? “ kata ana sebelum keluar kamar.
“ ayah kamu akan tetap selalu menjadi yang terbaik ana ! “ . jawab ibu tegas ! ana segera memeluk ibu nya dalam penuh haru dan terimakasih. Tak lama kemudian bel pintu rumah berbunyi. om amsyar telah menunggu mereka untuk makan malam ‘perkenalan keluarga’ itu.
“ anak om engga ikut ? “ Tanya kak nia memulai pembicaraan ketika mereka sedang dalam perjalanan menuju sebuah restoran .
“ oh dia mungkin sudah sampai disana duluan “ . jawab om amsyar. Muncul berbagai pertanyaan di benak ana. Seperti apa calon saudara tiri nya kelak. Mau tidak mau ini adalah konsekwensi yang harus diambilnya. Beberapa puluh menit kemudian sampai lah mereka disebuah restoran mewah. Ibu tampil sangat cantik malam itu , seolah-olah menjadi ratu ditengah-tengah puluhan orang yang berada di restoran tersebut. Om amsyar terlihat beberapa kali tertangkap basah sedang mengagumi kecantikan ibu.

***

“ tio ????????? “ . Tanya ana kaget setelah mengetahui bahwa sosok yang sedang menunggu mereka direstoran adalah tio . cowok yang selalu memberikan perhatian nya beberapa bulan belakangan ini.
“ kamu….” Belum sempat ana memastikan dengan pertanyaan berikut nya . om amsyar memotong nya.
“ ana sudah kenal dengan tio ? wah kebetulan sekali kalau begitu “ . ana terdiam seketika. Benar kah tio adalah anak dari om amsyar yang kelak akan menjadi saudara tiri nya ??.ana semakin terkejut , tapi tak terlihat kecemasan yang sama dalam raut wajah tio. Tio hanya tersenyum. Ana mencoba menahan perasaan nya. walaupun sebenar nya ia kaget bukan kepalang , tapi bagi nya apapun yang terjadi ibu tetap prioritas nomor satu buat nya. Mereka sudah berkumpul di suatu meja bundar. Hidangan dan percakapan pun sudah menghiasi malam itu. Tapi om amsyar terlihat gelisah , seperti sedang menunggu sesorang sebelum akhir nya dimulai makan malam tersebut. Tak terjadi perbincangan sedikit pun antara ana dan tio. Ana cukup tegang menghadapi calon saudara tiri nya itu.
“ tio, rasyid kemana ? kenapa sampai jam segini belum datang juga ?? apa sudah ditelfon ??” Tanya om amsyar tiba-tiba pada tio. Rasyid ???? Tanya ana dalam hati . siapa lagi rasyid ??? apa om amsyar punya anak satu lagi ? tapi bukan nya kakak nya mengatakan om amsyar hanya memiliki satu anak ?. ana bertanya dalam hati sampai tanpa sadar ia mengernyitkan dahi. Seseorang berlari dari kejauhan , sosok pria bertubuh tinggi, gagah dan tampan, mirip sekali dengan om amsyar menghampiri meja dengan nafas nya terengah-engah.
“ pa maaf, acid baru selesai pertandingan basket. Acid minta maaf pa ! acid terlambat banget ! . tio makasih ya udah mau bantu nyiapin semua nya. “ ucap seseorang yang baru saja datang itu. Papa ??? kalau memang cowok ini adalah anak dari om amsyar lalu tio ??? Tanya ana lagi dalam hati.
“ engga usah dimaafin om, dia selalu aja gitu. Kalau engga ngerepotin tio ya bukan acid nama nya. “ ucap tio tiba-tiba mengambil suara.
“ ih nolongin sepupu sendiri aja pake ngitung-ngitung “. Haa ?? tio sama cowok ini sepupuan ??? lantas apa yang aku cemaskan dari tadi ??? ucap ana lagi dalam hati.
“ udah –udah.. rasyid engga mau kenalan dulu sama calon ibu kamu ?? “ om amsyar mencoba menyudahi.
“ rasyid tante, panggil acid aja. Maaf acid telat tante. wah papa acid emang engga pernah salah pilih deh. Calon buat mama acid cantik banget ! “ kata acid memuji. Semua nya tertawa. Begitu pula ana. Akhir nya ia sudah dapat meredamkan perasaan nya yang gundah semenjak berada di restoran tersebut. Acid mulai berkenalan dengan ana dan kakak-kakak nya. Acid selalu berusaha mencairkan suasana dengan lelucon-lelucon nya, dan ana bersyukur mendapatkan saudara yang ramah dan baik seperti acid.
“ wah nanti acid menjadi 4 bersaudara ya ? kita akan menjadi keluarga besar. ! acid engga sendirian lagi. Jadi kalau acid ada pertandingan basket kaya tadi, semua nya harus nonton acid dan engga boleh engga ya ! haha “ tawa acid disela-sela makan malam.

***

Akhir nya datang juga hari yang dinanti-nanti ana dan semua nya. semua nya sudah siap termasuk ibu yang ketika itu memakai kebaya yang terlihat anggun sekali. Pagi itu akad nikah akan segera diselenggarakan. Dan orang-orang sudah mulai ramai berdatangan. Namun ana juga amsih belum kelihatan .
“ nia , ana kemana ? apa kamu sudah melihat ana ? “ Tanya rina pada nia.
“ belum rin ! padahal acara sudah mau dimulai . kenapa dia belum keliatan juga..“
“ coba aku cari dulu…” ucap nya. ia mencoba menelusuri setiap tempat di situ. Akhir nya dia menemukan ana sedang bersembunyi di salah satu ruangan. Mata ana sembab . ana kaget begitu melihat kakak nya dapat menemukan nya . segera ia menghapus air mata nya .
“ ana ?? kamu kenapa ? “ Tanya kak nia yang cemas melihat adik nya menangis. kak nia mencoba merangkul nya. dan bertanya lagi dengan seksama.
“ ana sedih kak ! ana takut, ibu akan melupakan ayah setelah menikah dengan om amsyar “ ucap ana pelan .
“ ana , ibu menikah dengan om amsyar, Bukan berarti ibu melupakan ayah. Om amsyar hanya pengganti pendamping ibu saja. Namun bukan berarti om amsyar menggantikan posisi ayah dihati ibu, kak rani , kak nia dan ana . ana harus mengerti itu. “
“ iyya.. ana tahu. Mungkin ana hanya terlalu hawatir .“
“ ya sudah. Sebentar lagi acara segera di mulai. Kamu engga pengen menyaksikan hari bahagia ibu ?? apa kamu ingin ibu melihat kamu sedang menangis seperti ini ??“
“ enggak kak !! “ jawab ana seketika. Kadang ana terlihat begitu mandiri. Tapi kadang juga terlihat begitu rapuh.
“ ya sudah. Sekarang hapus air mata nya. yuk kita ketempat ibu “. Ana menghapus air mata nya dan memperbaiki dandanan nya sebelum ia keluar dari ruangan. Terlihat tio sedang menunggu nya di luar, seperti nya tio sudah mengetahui dari awal bahwa ana bersembunyi disitu, namun segan buat nya untuk mengetahui permasalahn tersebut lebih lanjut. Dari jauh tio tersenyum pada ana. Dan berjalan sambil mendekati ana.
“ tio salut sama ana ! “ kata nya menyemangati. Ana hanya tersenyum mendengar nya. mereka berjalan menuju ruangan dimana acara akad nikah diselenggarakan. Terlihat ibu dan om amsyar sudah duduk berdampingan disitu. semua nya berkumpul disatu sisi . memerhatikan dari jauh pelaksanaan yang penuh hikmad itu.
“ acid bersyukur bisa punya saudara sekaligus tiga. Ana tahu ? dari dulu acid selalu berdoa agar diberikan saudara-saudara dan mama yang baru. Dan tuhan memberikan acid 3 saudara sekaligus ! “ ucap acid tanpa menoleh kearah ana sedikitpun . ana senang mendengar nya, namun tak membalas kalimat nya. Semua terharu mendengar ijab yang dibacakan oleh om amsyar , tanpa terasa semua menitikkan air mata. Ana merasakan haru yang luar biasa . tiba-tiba tio mengenggam tangan ana. Dan sedikit berbisik ia berkata .
“ semoga suatu saat tio dan ana bisa seperti itu “

***

Pagi itu tampak seperti ada yang berbeda . ana tinggal dirumah yang baru. Ya karna ana sudah menjadi satu keluarga utuh dengan om amsyar yang sekarang sudah menjadi ayah nya. Setelah mandi dan sholat subuh , ana yang telah siap dengan seragam sekolah nya bergegegas turun untuk sarapan . Dengan semangat yang baru dan menghadapi hidup yang baru, ana tersenyum sambil berkata
“ pagi ayaaahhh…..!!! “

Tidak ada komentar:

Posting Komentar